Subuh Penuh Berkah


Diantara waktu istimewa yang diciptakan Allah SWT untuk umat Muslim adalah saat Subuh. Di dalamnya terkandung banyak keberkahan, Secara khusus Rasulullah Saw pernah berdoa ” Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh ” ( HR. Tarmidzi, Ab Daud, Ahmad dan Ibnu Majah ).
Dr. Raghib As-Sirjani dalam bukunya ” Misteri Sholat Subuh ” menuliskan 10 ( sepuluh ) keberkahan yang akan diperoleh seorang Muslim bila melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid :
KEBERKAHAN PERTAMA : Dimulai dengan sholat sunnah 2 rakaat sebelum sholat Subuh, merupakan sholat sunnah yang paling banyak pahalanya, dibanding dengan sholat sunnah yang lainnya, Rasulullah Saw dalam Hadist yang diriwayatkan dari ’Aisyah bersabda ” Dua rakaat Fajar ( sholat sunnah sebelum subuh ) lebih baik daripada dunia seisinya ” ( HR. Muslim ).

KEBERKAHAN KE DUA : Bangun dari tidur , lalu memenuhi panggilan adzan dan mengerjakan sholat ( Subuh ) dengan orang-orang yang beriman , pahalanya sama dengan mengerjakan qiyamul-lail sepanjang malam. Nabi Muhammad Saw bersabda : ” Barang Siapa sholat Isya’ berjamaah, maka seakan – akan ia mengerjakan qiyamul-lail setengah malam, dan barang siapa mengerjakan sholat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia melaksanakan sholat sepanjang malam ” ( HR. Imam Ahmad dan Imam Muslim melalui Ustman bin Affan )

KEBERKAHAN KE TIGA : Rasulullah Saw mengungkapkan, apabila umatnya bangun dan melakukan sholat Subuh berjamaah di Masjid, maka Allah SWT akan melindunginya ( menjamin seharian penuh ) . Seperti dikatakan Jundap bin Sufyan bahwa Rasulullah Saw bersabda ” Barangsiapa yang menunaikan sholat Subuh, maka ia akan berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan jaminan-Nya.” ( HR. Muslim )

KEBERKAHAN KE EMPAT : Firman Allah SWT ” Apabila matahari digulung, dan apabila bintang-bintang berjatuhan. ” (QS. At-Takwir ( 81 ) : 1-2 ).


Maka pada saat itu Kiamat telah tiba manusia dibangkitkan dalam keadaan gelap gulita, orang-orang yang begitu besar jumlahnya semua kebingungan, hanya orang muslim yang sholat Subuh berjamaah di Masjid yang akan memperoleh cahaya yang terang benderang. Rasulullah Saw bersabda ” Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan ke Masjid di kegelapan malam ( subuh ) bahwa mereka akan memperoleh cahaya yang sempurna di hari Kiamat .” ( HR.Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah di dalam Kitab Shahihnya dan Imam Hakim )

KEBERKAHAN KE LIMA : Dijamin masuk surga. Rasulullah Saw bersabda ” Barangsiapa yang sholat 2 waktu yang dingin, maka akan masuk surga .” ( HR. Muslim ). Yang dimaksud sholat 2 waktu adalah ’ sholat bardain ’ yaitu sholat Subuh dan sholat ’Ashar, Ibnu Hajar mengatakan dalam ’Kitab Al-Fath’, bahwa kedua sholat itu disebut sholat bardain, karena keduanya di tepi siang, yaitu saat udara sejuk dan panas matahari melemah.

KEBERKAHAN KE ENAM : Masuk dalam pengawasan malaikat. Sesungguhnya setiap Muslim mempunyai ’janji’ dengan Allah SWT tiap hari, yaitu pada sholat Subuh dan sholat ’Ashar, kedua sholat tersebut adalah waktu dimana malaikat sedang memberikan laporan kepada Allah SWT tentang ibadah kaum Muslimin.


Rasulullah Saw bersabda ” Malaikat malam hari dan malaikat siang hari silih berganti kepadamu, Mereka berkumpul dalam sholat Subuh dan sholat ’Ashar. Malaikat yang semalam bersamamu naik, lalu Tuhan menanyai mereka. Padahal Dia lebih mengetahui daripada mereka ” bagaimanakah keadaan Hamba-hambaKu saat kamu tinggalkan ? ” Mereka menjawab ” Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami datangi mereka dalam keadaan sholat ” ( HR. Syaikhain melalui Abu Hurairah )

KEBERKAHAN KE TUJUH : Mendapatkan bekal dunia dan akhirat. Nabi Muhammad Saw menganjurkan agar waktu yang mengiringi sholat Subuh digunakan untuk menyibukan diri dengan berdzikir, beliau bersabda ” Barang siapa yang ikut sholat fajar berjamaah di Masjid, kemudian duduk berdzikir mengingat Allah SWT sampai Matahari terbit, lalu mengerjakan sholat ( Dhuha ) 2 rakaat, maka baginya pahala bagaikan orang yang menunaikan ibadah haji dan umroh dengan sempurna, sempurna dan sempurna ” ( HR. Tirmidzi )

KEBERKAHAN KE DELAPAN : Dibukakan pintu rezki yang telah dihamparkan di muka bumi. Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Baihaqi diceritakan, bahwa saat Rasulullah Saw pulang dari sholat Subuh di Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya Siti Fatimah masih tidur-tiduran. Lalu dengan penuh kasih sayang Beliau menggerakan badan putrinya sambil berkata ” Wahai anakku, bangunlah saksikanlah rizki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai. Karena Allah membagikan rizki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari.”

KEBERKAHAN KE SEMBILAN : Akan memperoleh kesehatan dan kesegaran. Udara waktu Subuh masih segar sehingga udara yang dihirup menjadikan otak dan otot dapat bekerja secara optimal.

KEBERKAHAN KE SEPULUH : Tiada satu nikmat yang diberikan Allah SWT kepada ahli surga yang lebih disukai oleh mereka adalah dapat memandang ” wajah ” Allah Yang Maha Mulia. Kemuliaan ini hanya di dapat oleh ahli sholat fajar sebagaimana diberitakan oleh Nabi Muhammad Saw melalui sabdanya ” Ingatlah, sesungguhnya kalian akan melihat Tuhan kalian bagaikan kalian melihat bulan ini, kalian tidak berdesak-desakan saat melihatnya. Jika kalian mampu meraih kesempatan dengan mengerjakan sholat ( sunnah ) sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam, kerjakanlah .”

2 komentar:

  1. wow.... gak kalah ama sholat duha yo...

    sayange aku nek kon subuhan jama'ah kok angel banget ya...:D

    BalasHapus